Berapa Lama Pecandu Narkoba Mendapat Pengobatan di Rehabilitasi Narkoba? Cek di Sini!

Setiap harinya media mengabarkan tentang penangkapan pemakai ataupun bandar narkoba. Sekian waktu kasus-kasus ini kian meningkat, mulai dari kalangan orang biasa hingga ternama. Tak jarang, mereka yang tertangkap akan dijatuhi hukuman penjara dan atau masuk pusat rehabilitasi narkoba.

Saat seorang pengguna masuk rehabilitasi narkoba, pernah tidak Anda terpikir untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga para pengguna tersebut dinyatakan sembuh total? Tentunya hal ini tidak bisa langsung dijawab secara seragam, bukan? Semua tergantung pada seberapa seseorang kecanduan.

Dalam perawatan pecandu sendiri, ada beberapa tahap yang biasa dilakukan oleh pusat rehabilitasi narkotika. Yakni, rehabilitasi medis, nonmedis dan aftercare atau lanjutan. Ini pun masih diperhatikan lagi antara kesembuhan fisik dan mental.

Untuk penyembuhan secara fisik, ini akan diperhatikan seperti apa jenis narkoba yang mereka gunakan. Karena beda jenis psikotropika, berbeda juga pilihan pengobatan yang diterapkan. Karena dampak dan ketergantungan pada tubuh juga tidak sama.

Menurut psikologi klinis, Alexandra Gabriella MPsi Psi Cht, sakaunya seorang pecandu berbeda-beda. Ada yang bisa hilang dalam waktu tiga hari saja, ada yang sebulan. Tergantung efek dari narkoba yang digunakan.

Sedangkan untuk penyembuhan mental pecandu narkoba, memiliki jangka waktu yang lebih panjang. Bisa sampai seumur hidup. Karena seorang pecandu kerap kali memiliki keinginan yang kuat untuk menggunakan kembali dan godaannya sangat berat.

Menurut Alexa, kecanduan pengguna narkoba tidak ubahnya dengan mantan pecandu rokok. Selalu ada godaan untuk menghisapnya kembali, terutama saat pikiran begitu mumet dan masalah pelik yang tak terselesaikan.

Secara mental, menyembuhkan seorang pecandu lebih susah jika dibandingkan dengan penyembuhan fisik. Sehingga, mau tidak mau, sebaiknya para pecandu narkoba yang telah dinyatakan sehat, harus tetap berkonsultasi secara terus-menerus.

Dibutuhkan kerjasama yang solid antara pengguna, dokter yang merawatnya, keluarga, kerabat dan kenalan agar motivasi untuk menggunakan narkoba bisa tertahankan.

Untuk membantu seorang pecandu, kita bisa memasukan orang tersebut di panti rehabilitasi milik pemerintah ataupun pusat rehabilitasi narkoba yang dipilih. Semoga membantu.

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.