Contoh Makanan yang Mengandung Protein dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Untuk anda yang sedang menjalankan diet tentunya disarankan untuk dapat memilih makanan yang mengandung protein yang tinggi.

Karena protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga daya tahan dan memperbaiki sel yang rusak.

4 Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan yang mengandung protein sangat baik, karena merupakan salah satu dari makro nutrisi yang biasanya bersamaan dengan lemak dan karbohidrat.

Peran yang sangat penting dari protein ini adalah memenuhi asupan yang dibutuhkan. SepertiĀ  sumber energi pada tubuh, memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan imun dan lain sebagainya.

Beberapa makanan yang menjadi sumber protein adalah sebagai berikut:

Daging ayam bagian dada

Dada ayam dapat dijadikan pilihan, karena tidak hanya kaya akan kandungan protein saja. Bagian ayan ini juga kaya nutrisi lain yang sangat baik untuk tubuh.

Dada ayam sehat karena tidak mengandung kulit yang biasanya banyak lemak. Selain itu juga mempunyai kandungan kolin, selenium dan vitamin B.

Daging sapi bebas lemak

Makanan yang dapat dijadikan sumber protein selanjutnya adalah daging sapi bebas lemak. Bagian yang proteinnya paling tinggi adalah sirloin atau has luar serta panggul.

Meskipun tidak mengandung banyak lemak, namun kandungan proteinnya tidak perlu diragukan lagi. Selain protein juga kaya akan kandungan zat besi serta vitamin B yang mampu mencegah anemia.

Telur

Rekomendasi selanjutnya mengenai makanan yang mengandung protein tinggi adalah telur. Semua bagian dalam telur mengandung protein yang mudah diserap oleh tubuh.

Selain protein juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin b12, A serta selenium. Bahkan dalam 100 gram telur diperoleh protein sebanyak 12 gram.

Ikan salmon

Ikan Salmon populer dengan kandungan protein yang sangat tinggi. Bahkan dalam 100 gram ikan salmon, ditemukan 9 gram protein.

Sehingga mengkonsumsi jenis ikan ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Apalagi kandungan nutrisi pada ikan salmon cukup menyehatkan, misalnya potassium, vitamin B6 dan B12.

Beberapa contoh makanan yang mengandung protein diatas dapat dijadikan panduan bagi Anda yang bingung memilih. Sehingga dapat memilih makanan enak yang tidak merusak program diet yang sedang dijalankan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *