Pinjaman Modal Usaha Terpopuler yang Ada di Tahun ini

Pinjaman Modal Usaha dapat menjadi solusi agar usaha dapat berkembang lebih besar sehingga memiliki pangsa pasar yang luas merupakan dambaan setiap pengusaha.  Hanya saja salah satu kendala yang sering menjadi kendala adalah tidak memiliki modal yang cukup. Karena jika ingin memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kuantitas serta meningkatkan kualitas produksi, tentunya harus memiliki modal yang besar.

Modal memang merupakan komponen penting. Banyak sekali pengusaha yang gagal menjalankan ide bisnisnya karena terbentur modal. Saat ini sudah banyak lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman kepada pengusaha. Namun, Anda harus terlebih dahulu memahami jenisnya sebelum memilih salah satu produk pinjaman modal usaha tersebut.

Bagi yang masih memiliki aset, baik harta maupun tabungan di bank, tentunya tidak ada menjadi masalah. Namun bagaimana dengan mereka yang ingin mengembangkan usahanya namun memiliki modal pas-pasan? Sebelum kita membahas lebih jauh ketahui dahulu jenis jenis Pinjaman Modal Usaha berikut :

Jenis-Jenis Pinjaman Modal Usaha

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Ini adalah jenis Pinjaman Modal Usaha yang paling disukai yaitu KUR karena berasal dari bank pemerintah. Karena terkait dengan program negara untuk mensejahterakan rakyat, maka suku bunga KUR paling rendah dibandingkan jenis pinjaman modal usaha lainnya.

Rendahnya suku bunga ini karena KUR memang mendapat subsidi dari pemerintah. Selain menghitung bunga, pemerintah juga mengatur pola penjaminan sesuai bidang. Misalnya, di sektor pertanian, kehutanan, industri kecil dan kelautan dan perikanan, penjaminannya sekitar 80% dari total pagu kredit.

Namun jika calon nasabah memiliki bidang usaha selain yang telah disebutkan, biasanya jaminan yang diberikan sekitar 70%. Dengan total pinjaman maksimal Rp 500 juta, bunga pinjaman hanya rata-rata 7% per tahun atau 0,6% per bulan. Salah satu bank yang menyalurkan Kredit Usaha Rakyat adalah BRI.

 

Apa Saja Pinjaman Modal Usaha Terpopuler yang Ada di Tahun ini?

 

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Sesuai dengan namanya, KTA adalah sebuah pinjaman modal usaha tanpa agunan yang akan diberikan secara perorangan dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Untuk bisa mendapatkan KTA tentunya harus memenuhi persyaratan finansial yang harus dipenuhi. Biasanya untuk mendapatkan KTA, Anda harus berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun. Beberapa dokumen penting lainnya juga harus Anda sertakan seperti fotokopi NPWP, KTP, SIUP, buku tabungan hingga kartu kredit.

Fintech P2P Lending

Butuh pinjaman modal usaha yang tidak ribet dan bisa dicairkan dengan cepat? Maka pilihan meminjam dari P2P Lending adalah jawabannya. Peer to Peer Lending Adalah adalah bukti penggunaan teknologi di industri keuangan. Fintech dengan konsep P2P Lending akan menawarkan pinjaman modal usaha secara online, sehingga Anda dapat dengan mudah mengajukannya melalui smartphone.

Tidak perlu persyaratan yang sangat ribet, hanya dengan KTP, foto selfie dengan KTP hingga slip gaji, Anda bisa mendapatkan pinjaman online yang langsung dicairkan ke rekening bank. Namun perlu Anda ketahui, jika ternyata ada beberapa penyedia pinjaman online yang masih ilegal dan belum terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Salah satu penyedia jasa p2p lending terpercaya adalah akseleran.

Kredit Usaha Mikro

Apakah Anda merasa usaha yang Anda geluti masih kecil? Tenang saja, ada pinjaman modal usaha yang bisa Anda pilih yaitu jenis Kredit Usaha Mikro. Sesuai dengan namanya, pinjaman modal usaha ini lebih diperuntukan bagi pemilik usaha kecil sehingga maksimal kredit yang diberikan hanya Rp 50 juta. Jangan khawatir tentang jaminan, karena biasanya bank tidak akan meminta jaminan apa pun.

Hanya saja meski tidak memiliki jaminan, perlu diketahui bahwa pihak bank memiliki proses seleksi tersendiri sebelum menyalurkan Kredit Usaha Mikro. Akan ada survei khusus agar bisa membuktikan jika calon debitur benar-benar memiliki usaha dan memiliki rekam jejak keuangan yang bertanggung jawab.

Itulah ulasan tentang Pinjaman Modal Usaha terpopuler yang ada di tahun ini. Semoga bermanfaat.

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.