Selundupkan Benih Lobster di KM Kelud yang Sandar di Pelabuhan Makobar Batam, 3 Penumpang Diamankan

Tim gabungan menemukan benih lobster atau benur di salah satu kamar kapal kelas bisnis KM Kelud yang sandar di Pelabuhan Makobar, Batu Ampar, Kota Batam, Provinsi Kepri, Minggu (6/12/2020). Kecurigaan tim gabungan yang terdiri dari KSOP Kelas I Khusus Kota Batam, Bea Cukai Batam, Polsek KKP dan BKIPM terbukti saar menggeledah kamar nomor 6005 kelas 1 A di lantai 3 kapal Pelni itu. Selain beberapa benih lobster atau benur, petugas menemukan sejumlah plastik, karet serta oksigen dari kamar itu.

Aroma kamar itu berbau amis. Kepala Bidang Keselematan Berlayar Penjagaan Dan Penegakan Hukum, kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I khusus kota Batam, Eko Handoyo yang memimpin penggeledahan itu, meminta tim berpencar. Mereka menyusuri lorong pintu kapal. Petugas Polsek KKP langsung melakukan pemeriksaan CCTv.

Seluruh penumpang kapal KM Kelud menyaksikan operasi itu, penumpang bahkan tertahan dan belum diperbolehkan turun. Pelaku, yang merupakan target operasi diketahui telah meninggalkan kamar penumpang satu jam sebelum kapal bersandar di Pelabuhan Macobar, Batu Ampar, Batam, Minggu (6/12/2020) sekira pukul 07.00 WIB. "Pelaku sudah kabur ini, periksa terus kamar ini. Yang lain cegat semua penumpang turun dan lakukan pemeriksaan," tegasnya.

Tim gabungan Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP kelas I khusus Batam didampingi polisi, Bea Cukai Batam dan BKIPM menggeledah barang penumpang KM Kelud di Pelabuhan Makobar, Batu Ampar, Kota Batam, Provinsi Kepri, Minggu (6/12/2020) pagi. Tim gabungan yang dipimpin langsung Kepala Bidang Keselematan Berlayar Penjagaan Dan Penegakan Hukum, kantor KSOP kelas I khusus kota Batam, Eko Handoyo langsung memasuki kapal. Suasana penggeledahan itu dilakukan secara masif.

Saat kapal berlabuh petugas gabungan langsung berkoordinasi dengan nakhoda kapal. Penggeledahan KM Kelud di Batam membekuk tiga penumpang kapal Pelni. Tiga orang bernama Abdul (39), Dedi (41) dan Oman (44) merupakan warga asal Bogor, Jawa Barat.

Ketiganya dibekuk tim gabungan karena berupaya menyelundupkan ribuan baby lobster. Kepala Bidang KSOP Batam, Letkol Mar Eko Priyo Handoyo mengungkap, ada 3 karung goni baby lobster yang terbungkus kantong plastik yang menjadi barang bukti. Tiga penumpang kapal Pelni ini ditangkap tim gabungan KSOP Batam, Bea Cukai Batam Polsek KKP Batam saat KM Kelud sandar di Pelabuhan Makobar, Batu Ampar, Kota Batam, Minggu (6/12/2020) pagi.

Pihaknya akan memeriksa tiga penumpang itu secara intens. Saat dibawa turun dari KM Kelud, tim gabungan tampak mengawal ketiganya. "Kami sampaikan tiga penumpang ini merupakan target operasi," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *