Stok Oksigen di RS Menipis, Menkes Budi Langsung Bergerak!

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin langsung mengambil langkah cepat, menanggapi menipisnya persediaan oksigen di sejumlah rumah sakit.

Menkes Budi mengatakan kebutuhan oksigen telah diidentifikasi dan satuan tugas (satgas) di provinsi akan memastikan ketersediaan oksigen.

“Kami akan menggerakkan agar satgas bisa menyesuaikan supply yang ada dengan demand rumah sakit dan transportasi logistik ke masing-masing rumah sakit dari produsen yang ada,” kata Menkes Budi dalam konferesi pers, Senin (5/7).

Ia juga menuturkan bahwa Kementerian Kesehatan telah memiliki upaya antisipasi melalui kerja sama dengan Kementerian Perindustrian.

Kerja sama tersebut berupa pengalihan persediaan stok oksigen untuk industri menjadi untuk rumah sakit.

“Kalau terjadi kekurangan, Kementerian Perindustrian diminta mengkonversikan oksigen yang tadinya dialokasikan ke industri menjadi ke rumah sakit,” papar pria 57 tahun itu.

Selain itu, Menkes juga menyebut kemungkinan akan melakukan impor, jika kekurangan oksigen di rumah sakit masih terus terjadi.

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menunjukkan terjadi kenaikan permintaan oksigen menjadi lima kali lipat.

Menyikapi kondisi seperti itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan langsung meminta agar pasokan oksigen seluruhnya dikonversi untuk memenuhi kebutuhan medis.

 

artikel Stok Oksigen di RS Menipis, Menkes Budi Langsung Bergerak! pertama kali tampil di genpi.co

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *