VPS: Simak Pengertian dan 4 Fungsinya

Ketika membuat website, Anda akan dihadapkan pada banyaknya pilihan paket hosting. Anda bisa menggunakan VPS dengan keunggulan dan fitur yang ada di dalamnya. Sehingga Anda bisa memaksimalkan penggunaan server.

Memahami VPS

VPS merupakan server virtual dengan fungsi untuk penyimpanan data serta file untuk website. VPS paling banyak digunakan pada website yang membutuhkan sumber daya besar, sebab tidak perlu membagi sumber daya dengan web lainnya.

Alasan utamanya, yaitu VPS menggunakan teknologi virtualisasi yang membagi server fisik menjadi beberapa sumber daya yang berbeda. Melalui sumber daya pribadi tersebut, performa website tidak lagi dipengaruhi oleh pengguna lainnya.

Fungsi VPS 

Berikut ini beberapa fungsi dari VPS, antara lain:

Web Hosting

Salah satu fungsi dari VPS yaitu menjadi web hosting atau tempat penyimpanan data dan file dari website. VPS akan menyediakan sumber daya yang cocok dengan situs web. Sumber daya tersebut sangat pas karena tidak terlalu besar sehingga tidak menggunakan dedicated server.

Game Server

Selain itu, VPS juga memiliki fungsi sebagai game server. Melalui server pribadi ini, Anda bisa melakukan beberapa hal berkaitan dengan:

  • Menginstall game dan mengadakan sesi bermain game dengan aturan sendiri.
  • Membuat koneksi khusus untuk bermain game supaya tidak mengalami lag.
  • Anda bisa menghindari campur tangan pihak ketiga sehingga privasi lebih terjamin.
  • Selain itu, Anda bisa mendapatkan akses root untuk mengelola game sesuai dengan kebutuhan.

Layanan VPN

Fungsi selanjutnya yaitu berkaitan dengan jaringan pribadi atau VPN. Melalui jaringan ini, Anda bisa menyembunyikan identitas pada saat mengakses internet. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembatasan akses orang-orang dari jaringan internet. 

Oleh karena itu, VPN banyak dipilih oleh perusahaan maupun organisasi. Tujuannya yaitu untuk proses penyimpanan sehingga tidak terlihat oleh pengguna lain yang juga memiliki akses ke VPN.

Menguji Aplikasi

VPS juga bisa Anda gunakan untuk mengembangkan aplikasi. Ketika menggunakan VPS, maka Anda bisa menginstal semua tool yang diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengujian terhadap aplikasi.

 

Rekomendasi Vps Indonesia Terbaik Dan Termurah

Kalau anda saat ini bingung mencari layanan VPS Indonesia Terbaik, kami merekomendasikan berlangganan vps di Ardhosting. Kenapa harus Ardhosting, karena Ardhosting sudah berdiri pada tahun 2000 dengan fokus jasa layanan di bidang web hosting. Sehingga sangat berpengalaman di bidangnnya.

Ardhosting juga menyediakan layanan VPS Indonesia Murah. Selain harga nya murah Ardhosting sudah menggunakan Server dengan teknologi terbaru.

Berlangganan di Ardhosting bisa menjadi solusi saat Anda bingung memilih jenis server hosting. 

 

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published.